Foto jurnalistik dan Kebebasan Berekspresi (Indonesia Edition)

Artikel ini ditulis oleh John Cox yang akan menguraikan secara singkat beberapa pengetahuan tentang cara bagaimana agar gambar/foto Anda tidak disita oleh sebuah alat kekuasaan. 


Banyak contoh ditemui di lapangan sebagai pelanggaran kebebasan berekpresi. Ini adalah sesuatu yang patut diketahui semua orang, karena pengetahuan adalah kekuatan sat pelanggaran dilakukan atau terjadi dihadapan Anda, dan Anda langsung tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana bereaksi. 


Sang penulis John Cox menggambarkan soal hak-hak seorang fotografer/pewarta foto yang dilanggar. Peristiwa kerusuhan "The King Riots" pada tahun 1990 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, digambarkan sebagian besar jurnalis foto tidak saja menyembunyikan indentitas pers mereka dari para perusuh dan pihak polisi. Tetapi juga mereka menyembunyikan kamera dan alat rekam lainnya. 


John Cox menambahkan bahwa di Amerika Serikat sudah menjadi rahasia umum bahwa siapa pun dapat mengambil foto atau gambar yang diinginkan dalam tempat umum atau tempat di mana mereka memiliki ijin untuk mengambil gambar/foto oleh sang pemilik atau pengelola tempat pribadi tersebut. Memang terdapat daerah dimana tetap terlarang bagi fotografer, tetapi hal itu mudah terlihat karena memang sudah diberi tanda-tanda yang dinyatakan dengan undang-undang atau peraturan.


Lalu subyek apa saja yang diperbolehkan untu di foto ? John Cox menjelaskan bahwa ada kesalahpahaman terhadapa subyek umum, tetapi semuanya itu semata-mata menjadi pelajaran yang sebenarnya tidak memiliki konotasi ilegal untuk ditahan, diinterogasi, sementara kamera, film, kartu digital, atau video Anda disita. Pengadilan di Amerika Serikat telah mendukung hak-hak warga negara untuk memotret seperti :


Kecelakaan dan kebakaran, penegakan hukum, penegakan hukum sedang terlibat dalam kegiatan ilegal atau tidak etis, jembatan dan infrastruktur lainnyasarana transportasi (misalnya bandara dan stasiun kereta api), industri, pemerintahan,dan utilitas umum, bangunan perumahan dan komersial, situs Superfund, kegiatan pidana, pejabat publik, pejabat pemerintah, dan banyak lagi.
Greece police violence against Photojournalists
photounion.gr

Sedangkan aturan fasilitas umum seperti instalasi militer, fasilitas nuklir atau di daerah lain dimana masuk dalam keamanan nasional, maka ijin haruslah diperoleh. Meskipun, foto yang diambil dari jarak jauh mengenai instalasi tertentu. Akal sehat tetap berlaku di sini.


Siapa Melanggar Hak Anda sebagai seorang jurnalis foto Sebenarnya salah satu konfrontasi terbesar dimulai dari petugas keamanan dan/atau karyawan sebuah organisasi yang takut sebuah foto/gambar tersebut akan bermasalah di lain hari atau alasan lain. Bukan rahasia bahwa banyak penjaga keamanan memiliki citra diri yang kuat dalam hal aktivitas hukum, dan menjadi lebih bersemangat. Sejarah fakta ini berlaku di sini. Alasan yang paling sering adalah pelanggaran keamanan, tetapi sebagai orang hukum jarang alasan tersebut untuk membatasi fotografiMengambil foto bukanlah kegiatan teroris, macam sebuah pelanggaran atas segala rahasia dagang (misalnya properti publik dilihat), atau saat di depan umum bukanlah merupakan pelanggaran privasi.

Paling sering penegakan hukum prihatin tentang keselamatan daripada melarang foto-foto di TKP, dan tidak mengganggu. Meskipun, mereka memiliki hak, untuk alasan keamanan, untuk menjaga fotografer jauh dari daerah dimana mereka dapat menghambat kegiatan mereka atau membahayakan keselamatan mereka atau keselamatan orang lain. Polisi tidak bisa membuat Anda memotret acara dari daerah lain dan keluar dari situasi mereka saat bekerja.



Anda, fotografer, tidak berkewajiban untuk menjelaskan mengapa Anda mengambil foto, tujuan foto, atau mengungkapkan identitas Anda. Di beberapa negara, percaya atau tidak, meminta Anda untuk memberikan identitas Anda ke aparat penegak hukum. Gigih dan melakukan yang tidak diinginkan terhadap Anda sebagai fotografer dan tanpa tujuan hukum yang sah adalah kejahatan di banyak negara. Pemaksaan, pelecehan, menanamkan rasa takut terhadap cedera lain, mengamcam individu, atau kerusakan properti Anda saat mengambil foto juga merupakan kejahatan di banyak negara.


Tidak seorang pun memiliki hak untuk menyita film, Kamera, atau Kartu Digital Anda, selain permintaan dari pengadilan, tidak ada orang yang memiliki hak untuk meminta Anda menyerahkan film, video, kamera, alat perekam, atau kartu digital. Melakukannya dalam keadaan mengintimidasi, langsung atau tidak langsung mengancam akan menggunakan kekuatan, atau menelepon polisi dapat merupakan tindak pidana. Melakukannya dengan senjata ditarik atau dengan tangan di senjata adalah sebuah kejahatan dan dihukum oleh hukum. Pencurian dan penyitaan harta Anda dengan paksaan adalah tindak pidana berat serta pelanggaran hak-hak konstitusional Anda dan sipil.

Pelaporan kejadian ini kepada polisi harus dilakukan segera. Jika polisi terlibat maka anda harus melaporkannya kepada petugas jaga yang bertugas di Kepolisian, atau jika dekat sebuah direktori telepon US Marshals Office atau FBI. Kegiatan ini dapat dianggap unsur tindak pidana berat seperti penculikan, pemaksaan, atau pencurian. Ilegalitas lain termasuk penyerangan, konversi, penjara palsu, dan pelanggaran hak-hak konstitusional Anda. Tidak ada alasan untuk perilaku over-agresifterutama ketika itu menyangkut hak-hak Anda sebagai Wajib Pajak atau warga negara di Amerika Serikat. 



Hormat dan sopan memainkan peran utama dalam penyebaran situasi yang melibatkan individu agresif, atau mereka yang berpikir bahwa mereka memiliki hak hukum untuk menahan Anda atau merampas barang-barang Anda. Panggil Polisi jika orang-orang yang sama menjadi terlalu agresif, bermusuhan, atau tidak masuk akal dengan cara apapun. Pertama dan terutama menggunakan penilaian yang baik, terutama di negara atau daerah asing. Jangan biarkan meningkat menjadi kekerasan; 


Jika Anda diminta untuk menyerahkan film, video, atau kartu digital kemudian lakukan hal berikut, sopan dan hormat: Dapatkan nama seseorang; Siapa mereka dan bekerja untuk siapa; Tanyakan apakah Anda bebas untuk pergi dan jika tidak mengapa dan bagaimana mereka menahan Anda; Apa dasar hukum mereka harus menahan Anda, dan jika mereka mengambil film, video, atau kartu digital, tanyakan apa dasar hukum yang mereka lakukan atas hal itu. 


Hal ini tidak bisa dianggap sebagai jenis nasihat hukum. Ini saran dari wartawan foto untuk jurnalis foto lainnya dan pendekatan akal sehat untuk tidak terluka atau lebih buruk, sekaligus melindungi fotografi Anda. Kita hidup di zaman aneh dan otoritas lokal, baik swasta atau pemerintah. Keselamatan adalah nomor satu, untuk diri sendiri dan orang di sekitar Anda. Hidup untuk foto hari lainDemikian tulisan John Cox yang dirilis Suite1001.com

Sikap Asosiasi Fotografer Pers Nasional (NPPA)


Sementara Asosiasi Fotografer Pers Nasional (NPPA) dalam mukadimahnya menjelaskan bahwa masyarakat profesional mempromosikan standar tertinggi dalam jurnalisme visual, untuk kebutuhan setiap orang baik untuk diberi informasi yang lengkap tentang acara-acara publik dan diakui sebagai bagian dari dunia dimana kita hidup. 


Jurnalis visual beroperasi sebagai wali dari publik. Peran utamanya adalah untuk melaporkan secara visual peristiwa penting dan sudut pandang bervariasi di dunia kita bersama. Sementara yang menjadi dasar tujuan utamanya adalah penggambaran setia dan komprehensif tentang subyek. Sebagai Wartawan visual, kita memiliki tanggung jawab untuk mendokumentasikan masyarakat dan melestarikan sejarah melalui gambar.


Gambar fotografi dan video dapat mengungkapkan kebenaran besar, mengekspos kesalahan dan kelalaian, menginspirasi harapan dan pemahaman dan orang terhubung di seluruh dunia melalui pemahaman bahasa visual. Foto juga dapat menyebabkan kerusakan besar jika mereka tanpa perasaan mengganggu atau dimanipulasi.


NPPA membuat sebuah kode yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas tertinggi dalam semua bentuk jurnalisme visual dan untuk memperkuat kepercayaan publik dalam profesi. Hal ini juga dimaksudkan sebagai alat pendidikan bagi bagi mereka yang berlatih dan bagi mereka yang menghargai foto jurnalistik. Asosiasi Fotografer Pers Nasional menetapkan :


Life Magazine's Greatest Photojournalists
KODE ETIK 
Visual wartawan dan mereka yang mengelola produksi berita visual bertanggung jawab untuk menegakkan standar berikut dalam pekerjaan mereka sehari-hari :



  1. Akurat dan komprehensif dalam representasi subyek.
  2. Resist dimanipulasi oleh kesempatan foto bertahap
  3. Lengkap dan memberikan konteks ketika memotret atau merekam subyek. Hindari stereotip individu dan kelompok. Mengenali dan bekerja untuk menghindari penyajian bias sendiri dalam pekerjaan.
  4. Perlakukan semua mata pelajaran dengan hormat dan bermartabat. memberikan pertimbangan khusus untuk subyek rentan dan kasih sayang kepada korban tindak kejahatan atau tragedi. Mengganggu pada saat-saat pribadi sedang sedih hanya ketika masyarakat memiliki kebutuhan utama dan dibenarkan untuk melihat.
  5. Sementara mata pelajaran memotret tidak sengaja memberikan kontribusi, mengubah, atau berusaha mengubah atau mempengaruhi peristiwa.
  6. Mengedit harus menjaga integritas konten gambar fotografi dan konteks. Jangan memanipulasi gambar atau menambahkan atau mengubah suara dalam cara apappun yang dapat menyesatkan pemirsa atau menggambarkan subyek. 
  7. Tidak membayar sumber atau subyek atau pahala mereka sebuah material untuk informasi atau partisipasi.
  8. Jangan menerima hadiah, bantuan, atau kompensasi dari mereka yang mungkin berusaha untuk mempengaruhi cakupan.
  9. Jangan secara sengaja mensabotase upaya wartawan lainnya.


Idealnya, wartawan visual harus:
  1. Berusaha untuk memastikan bahwa bisnis publik dilakukan di depan umum. Membela hak-hak akses untuk semua wartawan.
  2. Pikirkan secara proaktif, sebagai mahasiswa psikologi, sosiologi, politik dan seni untuk mengembangkan visi yang unik dan presentasi. Bekerja dengan nafsu rakus untuk kejadian terkini dan media visual kontemporer.
  3. Upayakan untuk akses total dan tidak dibatasi untuk subyek, merekomendasikan alternatif dangkal atau bergegas peluang, mencari keragaman sudut pandang, dan bekerja untuk menunjukkan poin yang tidak populer atau tidak diketahui pandang.
  4. Hindari politik, keterlibatan sipil dan bisnis atau pekerjaan lain yang kompromi atau memberikan tampilan mengorbankan kemerdekaan jurnalistik sendiri seseorang.
  5. Berusaha untuk menjadi rendah hati dan rendah hati dalam berurusan dengan mata pelajaran.
  6. Menghormati integritas saat fotografi.
  7. Berusaha dengan contoh dan pengaruh untuk mempertahankan semangat dan standar yang tinggi disajikan dalam kode ini. Ketika dihadapkan dengan situasi di mana tindakan yang tepat tidak jelas, mencari nasihat dari mereka yang menunjukkan standar tertinggi profesi. Visual wartawan terus menerus harus belajar kerajinan mereka dan etika yang membimbing itu.

| terjemahan bebas |  

Domke PhoTOGS Vest Large (Khaki)Newswear Mens Documentary Chestvest, SLR Camera & Lens Carry System, Black.Photojournalist: Webster's Timeline History, 1874 - 2007

PhotojournalistDanger Pay: Memoir of a Photojournalist in the Middle East, 1984-1994 (Focus on American History)Lowepro SlingShot 100 All-Weather Digital Camera Backpack (Black)Shadow on my Soul

What Matters: The World's Preeminent Photojournalists and Thinkers Depict Essential Issues of Our TimePhotographer: Alfred Eisenstaedt [VHS]





Posting Komentar

0 Komentar