Bagaimana Memenangkan Kompetisi Foto: Tips Juri Lomba Foto Internasional

Anda ingin tahu bagaimana memenangkan lomba foto atau kompetisi foto ? di bawah ini terdapat beberapa tips menarik dari para juri lomba kompetisi foto seperti, Mark Carwardine, Tom Ang dan Sophie Batterbury.
How to win a photo competition: 10 tips from the judges
ww.photoradar.com

Ingin tahu bagaimana foto-foto anda terpilih oleh par ajuri dan menjadi pemenang dengan hadiah ratusan dollar ? silahkan simak tips-tips di bawah ini :


Edit foto anda dengan kejam untuk hasil yang terbaik


Mark Carwardine menjelaskan bahwa semua akan terlalu mudah untuk jadi emosional yang melekat pada gambar tertentu. Faktanya adaalah bahwa shot foto yang biasa-biasa saja tidak akan menang. Apakah gambar dibuat kontras atau sedikit lembut ? Apakah pencahayaannya lembut dan indah atau kasar dan kontras ? Apakah anda menangkap moment yang tepat atau anda justru melewatkannya ? Apakah latar belakang bersih atau terganggu oleh sesuatu yang tidak diinginkan ?Inilah beberapa pertanyaan menyelidik yang perlu anda tanyakan 
pada diri pribadi anda terhadap foto yang anda hasilkan. 


Sophie Batterbury mengatakan bahwa jangan terlalu menggunakan Photoshop, tapi juga jangan anda menyerahkan sepenuhnya pada file digital atau cetakan yang kuat.


Steve Bloom : sejumlah kecil dari gambar akan membuat juri lomba merasa terkesan dibanding anda mengirimkan foto pengulangan. Kadang-kadang kiriman foto lomba dengan 2 gambar yang di shot bersamaan dengan bingkai terpisah - anda tidak boleh lakukan itu. Juri hanya memilih yang terbaik. Jadi jangan takut untuk membuang yang terbaik kedua.


Miss Aniela:Berhati-hatilah mempertimbangkan kategori dalam kompetisi, dan mencoba untuk mencari tema tertentu yang cocok. Saya merekomendasikan Shot gambar khusus untuk kategori tertentu, karena mungkin terkait dengan relevansi tema yang kuat, yang sering merupakan kriteria yang penting. Ketika mengirimkan beberapa foto, kirimkan gambar-gamabr yang sama sekali berbeda, sehingga jika satu gambar ditolak, maka gambar lain tidak akan begitu mudah ditolak juga.


Jadilah Asli - Jangan Klise


Mark Carwardine : Fotografer yang sukses adalah yang mau bekerja keras. Mereka mau menunggu berjam-jam, berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk sekedar mendapatkan cahaya atau saat momen ajaib ketika memotret satwa yang sedang menguap. Mereka adalah orang-orang yang bersemangat, bertekad untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda. Jadi "Be Original" maka anda akan menuju kesuksesan.


Alex Proud: Berpikir keras tentang sesuatu akan membuat pekerjaan anda menonjol dari ribuan orang lain baik secara konseptual dan estetika. Memilih subyek anda dengan bijak. Pastikan fresh, berpikirlah tentang apa yang ingin anda katakan dan bagaimana anda bisa menyampaikan hal ini melalui pekerjaan anda.


Sophie Batterbury: Jika ada tema yang menarik, cobalah berpikir untuk sedikit laterally. Juri biasanya akan menyukai interpretasi yang pintar.


Tom Ang : Lihatlah bagaimana orang lain membuat foto travel terkenal dan lihat apakah anda dapat melakukan sesuatu yang luar biasa. Itu salah satu cara untuk mengejutkan juri lomba. Sebuah hal yang tidak biasa pada subyek, angle lucu, atau sentuhan humor dapat membuat keajaiban untuk sebuah adegan basi atau klise. 


Teroganisir


Mark Carwardine:  membaca aturan - dan mengikuti mereka - adalah langkah pertama yang jelas (meskipun mungkin tidak jelas, mengingat jumlah entri yang melanggar aturan dan sayangnya, dianggap tidak sah). Membaca deskripsi kategori adalah sama pentingnya. Rencanakan waktu yang cukup untuk memilih gambar foto yang akan anda entri, jangan lakukan pada saat detik-detik terakhir penutupan lomba.


Cobalah untuk mempertimbangkan proses 


Alex Proud :  Pikirkan dengan hati-hati tentang bagaimana mendekati subyek anda, lalu jenis kamera yang anda gunakan baik digital maupun film, pilihan pencahayaan anda - alami atau buatan, komposisi anda, penggunaan warna atau hitam-putih, apakah anda menggunakan tekstur - semua pilihan dan pertimbangan adalah hal-hal yang membuat perbedaan antara snapshot yang bagus dan fot yang benar-benar menawan.


Mintalah Pendapat


Alex Proud : Untuk membuat editan yang kuat dalam menampilkan gambar anda, sebanyak mungkin mintalah pendapat orang lain ketika anda mengedit, fotografer justru harus mendapat kritik terburuk sehingga sangat penting untuk melangkah ke depan.








to be continued.....


| tommy satria | photoradar |


   





Posting Komentar

0 Komentar