The Fast Track to be A Better Photographer

Jika Anda memiliki sebuah kamera digital yang bagus, bukan berarti Anda akan menjadi salah satu fotografer terbaik. Justru orang yang memegang kamera yang membuat gambar menjadi bagus. Jadi, jika tujuan Anda adalah untuk menjadi seorang fotografer yang lebih baik, maka Anda perlu satu atau bahkan beberapa jalur untuk mencapai tujuan itu. Pelajari mekanika mengambil gambar dengan baik, lalu Anda harus belajar seni fotografi. Artikel ini akan membahas beberapa jalur untuk mencapai titik akhir untuk menjadi seorang fotografer yang lebih baik.

Kamera
Anda sebelumnya harus mendapatkan sebuah kamera. Ya ! kamera dengan kemampuan menangkap gambar dengan bagus. Bahkan seorang seniman dapat membuat gambar bagus dengan kamera lubang jarum atau ponsel sekalipun, namun Anda harus menguasai keduanya-mekanikan dan seni sekaligus. Saya tidak ingin berdebat soal kamera apa yang bagus. Di luar sana sudah terdapat banyak kamera digital yang canggih dan bagus dari berbagai merek terkenal-Canon, Nikon, Sony, Pentax dan lain sebagainya. Dengan jenis kamera yang bagus dalam menangkap gambar, maka Anda dapat mempelajari teknik-teknik membuat gambar profesional yang akan menjadi tujuan akhir Anda. Tapi, jika Anda hanya ingin sekedar menciptakan gambar, maka tetap Anda dapat melakukannya.

Belajar Dari Fotografer Favorit
Saat ini di internet ada banyak situs web dan galeri foto dari sejumlah fotografer ternama yang bisa Anda jelajahi. Anda dapat memilih fotografer mana yang menjadi favorit Anda, karena dengan demikian Anda akan senang untuk berlama-lama di halaman situs web-nya. Namun demikian, Anda tidak sekedar melihat hasil karya mereka, tapi juga harus mempelajarinya. Melihat komposisi, pencahayaan, sudut pengambilan gambar, dan konsep yang digunakan, lalu mencoba untuk mencari tahu tentang gambar yang menurut Anda istimewa tersebut. Disini Anda bukan belajar untuk menjadi seorang "copycat" atau sang peniru, Anda hanya perlu untuk mencoba meniru sifat yang membuat gambar tersebut spesial dalam pandangan fotografi Anda. Latihan dan latihan dengan obyek yang berbeda-beda, dan tindakan ini membutuhkan waktu-bukan langsung jadi.

Bergabung Dengan Situs Fotografi
Ada banyak situs fotografi di internet yang memiliki anggota. Cobalah Anda untuk bergabung dengan salah satu komunitas fotografi tersebut-dimana Anda dapat berbagi gambar dengan sesama anggota dengan meng-upload hasil karya Anda dan melihat reaksi (komentar dan kritik) mereka. Selain Anda akan mendapatkan umpan balik yang berharga bagi ilmu fotografi Anda, Anda juga akan membentuk persahabatan yang akan sangat membantu perjalanan karir Anda.  Anda akan secara fisik berkomunikasi dengan teman-teman Anda (jika Anda tidak malu). Bergabung dengan salah satu klub fotografi juga merupakan hal yang positif bagi perkembangan Anda. Di klub, Anda akan terbiasa dengan pertemuan bulanan dan kesempatan untuk memotret bersama-sama. Dan sekali lagi, pengalaman ini sangat berharga agar Anda cepat belajar dengan teman-teman lalu membandingkan gambar.

"Hunting" Fotografi atau Ikuti Workshop
Hampir sama dengan penjelasan di atas. Jika Anda berlangganan majalah fotografi, Anda akan banyak menemukan iklan untuk mengikuti workshop dan perjalanan dengan sejumlah pengajar fotografi. Perjalanan ini biasanya beberapa hari atau satu hari, dan diikuti oleh sejumlah peserta-sehingga Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian dari para profesional. Ini adalah sebuah kesempatan yang bagus untuk mencaoba ketrampilan baru dan memperdalam lagi yang sudah ada.

Mengambil Kelas Fotografi
Anda dapat mencoba untuk mengambil kelas foto. Saat ini sudah banyak tempat menawarkan kelas-kelas fotografi bahkan sekolah menengah sudah ada yang menawarkan program pendidikan luar kelas (ekstra kurikuler). Jenis kelas ini biasanya sering dibagi untuk pemula, menengah dan profesional, tapi ingat jangan ambil kelas terlalu mahal (jika Anda tidak memiliki uang banyak). Jika Anda cukup serius ingin memperdalam fotografi dan ingin menjadi seorang fotografer profesional, maka carilah sekolah fotografi dengan akreditasi terbaik. Anda akan memperlajari semua aspek fotografi hingga seni, dan ketika selesai (lulus) Anda dapat menjadi ahli. Ini cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda.

Menjadi seorang fotografer profesional memang tidak mudah. Anda sesungguhnya harus menentukan apa tujuan Anda. Jika Anda mempelajari fotografi sekedar hoby, Anda bisa menghabiskan waktu di forum kamera dan berlatih di sekitar rumah Anda. Namun, jika Anda ingin menghabiskan waktu menjadi seorang fotografer profesional maka sekolah fotografi adalah jalur tercepat yang bisa Anda ambil.


| About Author : blogger and photo editor | @thomazfoto | tommysat@gmail.com |

Posting Komentar

0 Komentar