Bagaimana Memotret Bintang : Edisi Tips Pelajaran Fotografi (Indonesia Version)

Ada dua hal penting untuk diketahui sebelum Anda berniat melakukan pemotretan malam hari dengan obyek bintang-bintang di langit. 


Pertama, Bahwa bumi itu berputar. Berarti Anda dapat memotret konstelasi bintang, setelah sekitar 15 detik, Anda dapat membuat gerakan kabur karena gerakan bumi.
how to photograph star trails
"35mm Star Trails May 2010" captured by Jeremy Jackson (Click Image to See More From Jeremy Jackson)

Kedua, Anda harus tahu beberapa rasi bintang sebelumnya. Biduk dan Orion adalah salah satu contoh untuk Anda memulai. 


Pertanyaanya adalah mengapa Orion dan The Big Dipper ? pertama, keduanya sangat terang dan mudah untuk ditemukan pada saat malam di langit. Kedua, Orion biasanya cukup tinggi di langit untuk foto dibanding bintang-bintang lain di sekitarnya. 


Anda dapat menggunakan 2 lensa; Canon 10 - 22 mm dan 28 - 300 mm. Lalu setting kamera digital pada posisi M (Manual).


Aperture: F2.8 pengaturan terluas / F3.5 / F5.0 tergantung pada panjang focal
ISO: 100 atau 200
Shutter Speed: BOLA pengaturan
White Balance: Otomatis atau Tungstun
Fokus: Atur fokus ke Manual / Infinity



Ini ada beberapa item yang mungkin bisa Anda bawa :



  • Senter kecil - untuk melihat sesuatu, mengubah pengaturan kamera, dan atau saat melepaskan kabel release. Senter dapat juga digunakan sebagai cahaya latar depan untuk memberikan kesan dramatis pada komposisi foto Anda. 
  • Kursi - saat Anda akan menggunakan kecepatan rana yang panjang, mungkin Anda perlu duduk juga. Sebuah kursi santai bahkan lebih baik! Tentu saja jika Anda telah didorong kelokasi yang jauh, Anda selalu bisa duduk di dalam mobil Anda sambil menunggu eksposur.
  • Shutter release cable - Beberapa DSRLs telah terdapat fungsi kabel shutter release untuk melepaskan rana. Beberapa bahkan dapat mengatur untuk mengambil foto setiap menit X dengan waktu pemaparan X sampai 99h99m99s.
  • Selimut - Menjaga Anda untuk tetap hangat saat kondisi cuaca terutama malam hari yang dingin.
  • Minuman Hangat - sama seperti selimut.
  • Tripod - Anda pasti akan membutuhkan tripod. Memotret jalur bintang atau meteor shower membutuhkan eksposure panjang. 
  • Kamera / Lens - Anda tidak bisa mengambil foto jika Anda tidak memiliki kamera pastinya. 
  • Kartu memori - Pastikan Anda memiliki kartu memori yang besar dan memiliki satu ekstra/cadangan untuk berjaga-jaga.
  • Baterai - Menjaga rana terbuka untuk jangka waktu yang lama jelas menghisap energi baterai. Dimana baterai akan berakhir dalam 6 jam pemakaian fotografi, mungkin Anda hanya akan mendapatkan atau 3 jam untuk fotografi malam.
Sekarang Anda sudah mengetahui apa yang dibutuhkan, pengaturan apa yang digunakan, dan di mana tujuan titik kamera Anda. Sudah waktunya untuk keluar dan mencoba beberapa fotografi bintang untuk diri sendiri!



Thomazphoto | picturecorrect.com

Hot Ads

The Digital Photography BookBryan Peterson's Understanding Photography Field Guide: How to Shoot Great Photographs with Any CameraScott Kelby's Digital Photography Boxed Set, Volumes 1, 2, and 3The Book of Photography: The History, the Technique, the Art, the Future

The Photography BookThe Digital Photography Book, Volume 2Understanding Exposure, 3rd Edition: How to Shoot Great Photographs with Any CameraExposure Photo Workshop: Develop Your Digital Photography Talent

Posting Komentar

0 Komentar