iPhone Fotografi - Tips dan Aplikasi

Seperti ulasan sebelumnya, bahwa kemajuan teknologi terutama bidang fotografi terus melesat. Saat ini orang tidak harus belajar fotografi atau memiliki perangkat kamera untuk bisa menjadi seorang fotografer. 
Saat ini pada setiap ponsel telah memiliki fitur kamera dan setiap pemiliknya dapat dengan mudah memotret layaknya kamera saku. Walaupun, anda tidak akan mendapat gambar dengan resolusi besar namun atas dasar kemajuan jaman, kamera pada ponsel dapat diandalkan pula. 
Apple dengan produk iPhone-nya juga dilengkapi dengan fitur kamera. Dan banyak juga pengguna di Indonesia yang menggunakannya. Nah, berdasarkan hasil pencarian/browsing di dunia maya, maka saya berusaha menulis soal bagaimana memotret dengan iPhone anda. Itu jika anda bersikeras memotret, dan mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu anda.



Jelas anda akan mengoptimalkan penggunaan fitur kamera pada perangkat iPhone anda. Jika anda ingin hasil foto yang jernih dengan resolusi yang lebih besar dan edit lebih mudah, setidak-tidaknya menggunakan kamera DSLR saja atau setidaknya kamera digital dan bukan ponsel. Hanya saja, daya pikat memotret dengan iPhone inilah serta penggunaan aplikasi untuk mengedit foto mampu membuat hasil foto tampak bergaya dan unik dari lokasi pemotretan yang unik pula. 
Bila menggunakan iPhone, akan nampak seolah-olah setiap pemotretan memiliki kecepatan rana dan lain sebagainya terlihat sama. Karena suara yang dibuat ketika anda membidik. Yang benar adalah bahwa meskipun anda memeriksa metadata dari foto, jelas aperture dan kecepatan rana terlihat berbeda. 
Jika anda ingin membuat gambar yang tajam dan jelas, mungkin anda dapat menggunakan tripod mount adapter agar menjaga iPhone anda tetap stabil. Jika anda melakukan HDR, low light atau memotret panorama, jika dilakukan dengan spontan maka jelas hasilnya tidak maksimal, karena perlu waktu untuk setup. 
adam-groves.blogspot.com

Namun jika anda memotret dengan kondisi cahaya yang terang, jelas penggunaan tripod tidak diperlukan dalam situasi ini. Namun, tidak peduli seberapa terang atau stabil, jelas tidak dapat menandingi kamera DSLR, jadi editing mutlak diperlukan.
Ada berbagai macam aplikasi yang tersedia untuk penggunaan fitur kamera pada iPhone, mulai dari yang sederhana hingga yang paling canggih. Hanya perlu diingat bahwa tettap pertahankan ukuran file asli. Karena mengurangi ukuran file asli akan kehilangan kualitas dari foto itu sendiri. 


Hipstamatic
Sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk memilih berbagai jenis lensa dan film. Anda pun dapat memebuat efek dan mengubah pengaturan sesuai dengan selera anda. Salah satu yang paling populer adalah foto dari Afghanistan yang dilakukan dengan kombinasi pengaturan dari iPhone dan dicetak The New York Times. 


iphone

ProHDR
Sebuah tripod sangat dianjurkan disini, meski tidak selalu diperlukan jika anda memiliki tangan yang cukup mantap dan cahaya yang bagus/terang. Coba gunakan pengaturan Auto untuk menggabungkan dua foto dengan mudah atau secara manual untuk memilih salah satu highlight

Perfect Photo
Sebuah aplikasi besar untuk membantu mempertajam gambar adalah Perfect Photo. Anda akan mendapatkan layar tampilan split besar sebelum dan sesudahnya, sehingga anda dapat melihat hasil akhir sebelum dilakukan penyesuaian. Bahkan di layar kecil, penyesuaian sebenarnya juga mudah, hanya saja pembesaran dilakukan untuk melihat detail-nya saja.

Last but not least. Anda dapat menempatkan nama anda dalam foto jika ingin meng-upload nya pada website. Walau orang lain dapat saja meng-crop atau mengeditnya, walau sepadan dengan usahanya pula. Tayangan memungkinkan anda untuk dapat mengontrol ukuran font, opacity dan warna yang muncul dalam foto. 
Jika anda kehilangan atau saja lupa dengan membawa kamera anda, iPhone dapat berperan (mungkin) dalam keadaan darurat. Jika anda ingin mencoba sesuatu yang kreatif, iPhone dapat juga berguna. Hanya saja, perlu diingat bahwa anda tidak akan pernah mendapatkan foto secara profesional dari iPhone, selain dengan kamera DSLR. 


[ all resources ]

Author 
Tommy Satria - a Backstage Photojournalist
tommy_satria@yahoo.com
+6281387708974
@thomazfoto