Tips Fotografi - How To Shoot in Natural Light

Anda terkadang berpikir untuk memotret menggunakan cahaya alami dan itu selalu membuat anda menjadi tertantang. Ya natural light memang selalu menjadi hal paling menarik di kalangan fotografer. Situasi yang selalu menjadi incaran fotografer kebanyakan adalah ketika matahari berada di belakang awan dan model anda bersinar dengan cahaya yang sangat soft dan menyebar rata. Jenis cahaya-nya adalah non-directional dan menghasilkan efek pembungkus bagi subyek. Tidak ada cahaya yang kuat atau bayangan, sehingga tidak ada details yang hilang.

Kamera digital menawarkan jangkauan yang jauh lebih dinamis dibanding kamera analog. Sehingga untuk mendapatkan gambar pencahayaan yang cerah, maka pergilah ke tempat yang teduh. Ingat, jika anda memotret seorang model jangan menempatkan model anda dihadapan matahari. Namun, jika itu pilihan anda maka tempatkan flash untuk mengisi cahaya pada wajah model anda. Bahkan ketika subyek model anda menghadap matahari yang tertutup awan, maka penggunaan flash untuk mengisi kecerahan mata.


Pada situasi cahaya matahari yang cukup keras, sangat disarankan untuk menggunakan lens hood untuk melindungi lensa anda dari sinar matahari dan mengurangi lens flare dan kontras yang berkurang. Ketika cahaya ini sulit, menggunakan reflektor akan sangat membantu untuk membangkitkan cahaya ke wajah model anda dan jelas cahaya ini tidak sekeras jika langsung dari matahari. Untuk ini anda dapat menggunakan papan putih polos sederhana dengan ukuran yang cukup/proposional.


Terdapat cara lain untuk mengambil gambar di bawah matahari langsung yang sangat keras, yang biasanya menggunakan panel difusi (5 in 1 reflektor). Namun, anda tidak dapat bekerja sendirian karena anda pasti akan membutuhkan seorang asisten untuk memegang panel. Panel inilah yang akan menghadang/memblokir cahaya matahari yang sangat keras.
Ada tiga elemen dimana fotografer harus paham saat mengambil gambar : cahaya, komposisi, dan subyek. Setiap gambar harus memiliki cahaya yang sesuai. Jika cahaya tidak baik , foto akan gagal.
Pencahayaan samping dapat digunakan untuk memisahkan subyek dari latar belakang. Trik ini dapat mengubah sebuah foto biasa jadi pemenang. Ada tiga dimensi berasal dari subyek: bentuk, tekstur, dan bayangan, ini semua akan menjadi gambar anda lebih jelas.






[ all resources