Tips Fotografi (Pemula) - How Transfer Digital Camera Images to Your Computer

Artikel ini sebenarnya ditujukan untuk seorang sahabat saya. Ia memberikan saya sebuah pertanyaan menggelitik begini, "Mas, saya sudah beli kamera digital dan sudah mencobanya, tapi gimana nih lihat di komputer ?". Entah menguji atau memang benar-benar tidak tahu soal itu. Tapi baiklah saya berbagi tips sederhana ini, mumpung di bulan penuh berkah saat ini.


Jika anda memiliki kamera digital maka ada 2 (dua) tugas terkait dengan penggunaan kamera digital. Tugas pertama jelas memotret berbagai angle dan janganlah takut salah. Nah tugas berikutnya adalah memindahkan atau lebih sering digunakan kata transfer hasil dari pemotretan anda tersebut. Tempat yang jelas cocok untuk itu jelas sebuah perangkat komputer (pc, laptop atau sejenisnya). 


Melihat dari sudut pandang yang sederhana, sesungguhnya ada dua metode untuk men-transfer gambar dari kamera digital ke komputer. Pertama, langsung dari kamera digital ke komputer (istilahnya adalah penarikan) dan kedua dengan menggunakan pembaca kartu memori (card reader).


Saat ini kebanyakan kamera digital sudah terdapat pengaturan koneksi USB. USB pada dasarnya, dalah sebuah antarmuka antara sebuah komputer dan perangkat periferal seperti keyboard, tekepon, scanner, dan printer. Perangkat periferalnya yakni kamera digital. 


Fitur USB memungkinkan komputer untuk dihubungkan langsung ke kamera digital serta dapat pula menstransfer gambar melalui port USB di komputer itu sendiri. Banyak sistem operasi komputer (seperti Windows XP) memiliki fitur untuk built-in yang mendukung semata-mata untuk penarikan data. 


Salah satu persoalan utama dari fitur ini adalah konsumsi sejumlah besar daya dari baterai. Untuk alasan ini, banyak kamera digital tersedia adaptor AC dari kekuatan kamera. Perangkat lunak yang sesuai terpasang dalam komputer dan kamera digital, menyediakan seluruh tugas untuk membuat transferitu berhasil dari gambar di kamera ke komputer. 


Mengenai perangkat lunak yang berhubungan seperti mentransfer gambar digital dari kamera ke komputer, adalah penting untuk menyatakan bahwa kamera digital dilengkapi dengan CD driver, sebuah perangkat lunak pengedit foto. 


Fitur berikutnya untuk membuat transfer gambar berhasil adalah dengan pembaca kartu memori atau card reader. Card reader ini membuat transfer gambar tanpa memakan banyak baterai kamera digital terbuang. Ada dua poin penting mendefisinikan card reader, yang pertama adalah jenis kartu memori kamera digital yang digunakan untuk menyimpan gambar. Kedua, jenis kamera digital yang terkoneksi dengan komputer. 


USB adalah jenis yang paling dominan dari card reader di dunia saat ini. Dalam beberapa kasus, banyak komputer dilengkapi dengan slot tertentu yang dapat mengambil card secara langsung di dalam komputer atau mungkin dengan bantuan adaptor kartu PC. Transfer gambar dibuat dari kamera digital ke dalam memori komputer. 


Semua fitur dan teknologi yang dibahas di atas adalah fokus terhadap metode yang efesien dan cocok dari berbagai metode transfer gambar/foto-foto dari kamera digital ke dalam memori komputer. 


Selamat mencoba sahabat.




[ all resources


tommy_satria@yahoo.com
+6281387708974
@thomazfoto