Bagaimana Memotret Sunset - Tips Fotografi

Matahari terbenam adalah bagian dimana orang-orang sangat suka mengambil moment tersebut baik seorang fotografer amatir maupun profesional. Kemanapun mereka menghabiskann waktu, kebanyakan orang suka untuk menonton matahari terbenam atau sunset, dan ketika ada kesempatan untuk mengambil gambar maka mereka tidak ragu untuk akan mengambil gambar dengan kamera andalannya.


Menurut para ahli, matahari terbenam tidak begitu sulit untuk difoto. Dengan beberapa teknik yang sederhana, setiap pemilik kamera dapat mencapai gambar yang indah terlepas dari lokasi mereka.


Perencanaan Anda dalam mengambil gambar sangat penting. Sebagian besar gambar matahari terbenam atau sunset biasanya diambil mendadak ketika orang ingat bahwa ia perlu menangkap adegan tersebut, namun kenapa Anda tidak berpikir ke depan. Rencanakan di mana Anda akan mengambil gambar dan melakukannya sehari atau dua hari ke depan.


Cari tahu juga soal waktu akan terjadi dan cuaca pada hari tertentu. Selain itu, siap dengan peralatan Anda dari kamera ke lensa, baterai dan tripod jika ingin memastikan stabilitas saat menangkap adegan.



Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sehingga Anda dapat mempersiapkan dengan sangat baik. Ingat bahwa matahari terbenam mempunyai rentang waktu paling lama hanya setengah jam, jadi lebih baik harus dipersiapkan secara matang.
Langkah berikutnya adalah menentukan komposisi Anda. Jika Anda memotret dengan focus lenght yanbg berbeda-beda, maka Anda akan mendapatkan gambar yang berfokus pada matahari itu sendiri. Dalam kasus ini, lensa membuktikan sangat berguna.
The Sun Down at Prison by Tommy Satria Photo 


Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan memotret siluet matahari terbenam sebagai focal point. Hal ini akan menciptakan efek yang sangat dramatis. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan apa pun yang merupakan bagian dari lingkungan seperti pegunungan, pohon, perahu layar dan mungkin kapal yang lewat.


Tips yang baik untuk aspek ini adalah belajar untuk melanggar aturan. Sementara menangkap matahari terbenam yang berpusat tampak hebat, Anda dapat selalu menangkap yang off terpusat. Anda dapat melakukan hal ini tidak hanya untuk matahari tetapi bahkan untuk cakrawala dan siluet Anda juga.


Aspek eksposur juga harus dipertimbangkan untuk membiarkan Anda menangkap keindahan cahaya di senja hari. Apa yang dapat Anda lakukan adalah beralih ke mode prioritas rana atau aperture mode. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil gambar yang berbeda pada berbagai eksposur sehingga mencapai hasil yang berbeda dan efek untuk foto Anda.
Sunset Crosses by Tommy Satria Photo



Untuk hasil terbaik, Anda mungkin ingin menggunakan tripod. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki kecepatan rana yang lebih lama dan menembak dengan panjang fokus yang lebih lama.


Juga, memotret saat matahari terbenam, ini akan memberi Anda kesempatan untuk menangkap warna yang berbeda. Sekali lagi, menggunakan eksposur yang berbeda dan panjang fokus untuk berbagai angle pemotretan. 


Dan sementara matahari perlahan-lahan bersembunyi dari cakrawala, mengapa Anda tidak juga mengambil gambar adegan-adegan di sekitar Anda juga. Ada begitu banyak adegan, Anda dapat menangkap saat cahaya emas masih bersinar, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan dari kesempatan itu.




@thomazfoto | The Eye of Me |




Posting Komentar

0 Komentar