Editorial Foto Stok (Satu dari dua tulisan)

Apakah Stok foto itu? Pada dasarnya, ini menggambarkan foto-foto yang diproduksi untuk kebutuhan penerbitan tertentu. Seorang fotografer stok foto membuat sebuah "taruhan" bahwa fot-foto yang dihasilkan akan diperlukan, dan dengan demikian akan menghasilkan pendapatan bagi si fotografer.


Salah satu hal terbaik dengan stok foto adalah kebebasan untuk menghasilkan gambar yang Anda inginkan. Intinya adalah bahwa tidak ada jaminan dalam hal ini dan jika Anda tidak di selaras dengan pasar, maka Anda mungkin akan berakhir dengan ribuan gambar yang tidak pernah menghasilkan satu sen.


Stok foto seperti rak-rak yang berbaris pada sebuah toko. Jika yang Anda tampilkan pada rak-rak tersebut adalah produk yang salah maka, jangan berharap adanya penjualan. 


Mitos Stok Foto


Sudah cukup banyak mitos yang beredar tentang stok foto. Mungkin Anda pernah mendengar hal-hal seperti, "Anda harus memiliki sepuluh ribu foto bahkan lebih untuk masuk ke agen", atau "Semua stok foto sperti menjual kacang", dan atau,"Hari ini Anda tidak akan dapat hidup dari bisnis Stok Foto".


Tak satu pun dari pernyataan-pernyataan ini benar. Pernah dilaporkan dalam sebuah forum Stok Foto, seorang peserta forum berhasil melakukan penjualan $500 hingga $27.000 baru-baru ini.


Mitos berkembang karena ada hubungan dengan kebutuhan rilis; rilis model dan properti. Banyak orang mengklaim bahwa sebagai fotografer dibayar untuk penggunaan gambar, rilis juga dibutuhkan. Ini tidak benar. Jika foto Anda digunakan editorial di Amerika Serikat, Anda tidak perlu sebuah rilis, selama gambar itu tidak digunakan untuk fitnah. Beberapa penerbit memerlukan rilis, tapi itu hal yang berbeda. 


Pentingnya Keterangan Foto


Keterangan foto yang akurat sangat penting jika Anda ingin masuk ke bagian editorial foto stok. Editorial foto adalah untuk menggambarkan tentang ide/konsep/topik dan/atau untuk menunjukkan hal-hal yang sulit untuk mendeskripsikan secara akurat dengan kata-kata.


Tanpa keterangan informasi yang akurat, sebuah foto akan jauh dari pemanfaatannya. Mengapa? Karena sering orang-orang tidak memiliki keahlian untuk menggambarkan kebutuhan mereka saat ini dan mereka harus dapat mengandalkan keterangan yang akurat dari fotografer. 


Guidelines


Sebuah panduan diperlukan agar mengetahui apa yang membuat foto foto stok dapat dipasarkan. Sekali lagi, ini kembali ke kebutuhan untuk menggambarkan. Aspek teknis sangat penting. Foto yang paling sering diserahkan ke penerbit adalah dalam bentuk file digital dan mereka, tentu saja, perlu untuk memenuhi kriteria dasar teknis. 


Spesifikasi teknis bervariasi, salah satunya adalah koreksi warna. Pada dasarnya, semakin sedikit Anda main-main dengan foto dalam postingan, semakin baik. 


Penerbit memiliki spesifikasi dan seringkali mereka menawarkan panduan untuk mengirimkan gambar pada Anda. Ikuti panduan ini. Jika penerbit meminta pengiriman menggunakan jpg. maka jangan mengirim file dengan tiff. Jika mereka meminta info caption akan dimasukkan ke bidang deskripsi, maka lakukanlah. Pada dasarnya semua bermuara pada petunjuk yang sudah ada. Tidak peduli apa yang Anda pikirkan. Ini benar-benar sangat sederhana. 


Bersambung edisi berikut...


Thomazfoto | @thomazfoto | Photo |

Posting Komentar

0 Komentar