Tripod - Untuk Memotret dari Sudut Yang Berbeda


Ingin mencoba memotret dengan lebih kreatif ? Cobalah mengambil dari sudut yang tidak biasa. Begitulah kata seorang teman fotografer yang sudah malang melintang selama hampir 10 tahun di dunia fotografi. Tapi saya justru berpikir lain. Bagaimana jika memotret dengan sudut yang tidak biasa dengan menggunakan tripod. 

Tripod sebenarnya sama pentingnya dengan peralatan kamera Anda, namun kadangkala penggunaan-nya seringkali dianggap sebagai halangan saat ingin memotret berpindah-pindah lokasi. Karena harus menenteng tas kamera yang sudah lumayan berat ditambah tripod. 

Dibawah ini ada beberapa tip penggunaan tripod dan bagaimana mengatur posisi kamera untuk pemotretan dengan segala macam sudut. Jangan berpikir bahwa tripod hanyalah sebuah pendukung bagi kamera. Tripod dapat digunakan untuk memotret dari sudut yang tidak biasa untuk memberikan hasil gambar yang (mungkin) kreatif.

Posisi rendah 

Tripod tips for shooting from unusual angles: step 1

Pasang kaki-kaki tripod pada ketinggian minimum. Kunci kaki-kaki tripod agar tidak bergerak. Kamera dipasang hampir menyentuh tanah. Dan fotografer-pun memotret dengan kondisi sejajar dengan kamera, sehingga posisinya seperti tertidur di tanah. 

Membalikkan bagian tengah

Tripod tips for shooting from unusual angles: step 2

Jika tripod Anda memiliki bagian tengah, keluarkan gagang bagian tengah dan masukan kembali dengan cara lain. Kamera Anda akan terlihat terbalik dan posisi-nya dekat dengan tanah. Sesuaikan pengaturan posisi kamera Anda, dan ada baiknya gunakan Live View untuk memotret. 



Pegang gagang tripod Anda

Tripod tips for shooting from unusual angles: step 3
Kadangkala tripod dapat digunakan untuk sebuah efek. Salah satu caranya dengan memegang gagang tripod dan mengangkatnya tinggi-tinggi dengan kamera terpasang. Atur kecepatan pada rana tinggi sekitar 1/250 detik atau lebih cepat lagi. Hal ini untuk menghindari guncangan saat memegang gagang tripod bagian bawah. Bisa digunakan cable release  atau timer pada kamera Anda. 

Selamat mencoba 


Tommy Satria | Digital Camera | 




Posting Komentar

0 Komentar