Baywatch Lokal di Pantai Pangandaran

Kehadiran para penjaga pantai (lifeguard) terkadang tidak diketahui oleh pengunjung. Walau demikian, tetap profesi mereka sangatlah penting untuk membantu memberikan ketenangan dan keamanan bagi wisatawan. Meski profesi ini penuh resiko, namun honor yang mereka terima tiap bulan sangatlah kecil. Belum lagi masalah asuransi yang juga belum menyentuh mereka. Sehingga beberapa anggota-nya memilih bekerja rangkap demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Inilah Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta) Pantai Pangandaran, yang awal terbentuk justru dari kegiatan penyelam alam yang tergabung dalam SAR Alam. Tahun 1995 mulailah terbentuk Balawista (sebelumnya Balawista terdapat di Bali), yang anggotanya terdiri dari pemuda-pemuda Pangandaran. Tahun 1996, Balawista resmi sebagai Organisasi Badan Penyelamat dengan SK Bupati. 

Adanya Balawista diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan, karena akan memberikan kesinambungan dengan volume kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran. 

Dan para anggota-nya selalu menyimpan kata-kata dalam hati, "Act before accident, Not after accident", Apa yang mereka lakukan adalah sebuah kebanggaan karena telah menyelamatkan nyawa orang. 





  
















































All picture copyright by Tommy Satria | @thomazfoto | BB pin 2942B9CB |

Posting Komentar

0 Komentar