Apa Itu Stok Fotografi ?

Stok fotografi adalah kumpulan foto yang tergabung dalam satu bagian. Artinya, seorang fotografer dapat memotret berbagai macam objek seperti manusia, situasi dan menjualnya setelah kegiatan memotret itu selesai. Mereka bukanlah seorang fotografer dengan spesifikasi khusus untuk penugasan, jadi dia memotret atas dasar kesukaannya terhadap subjek.

Stok foto biasanya digunakan untuk kepentingan periklanan, pembuatan brosur, majalah, dan website, karena masih banyak hal lain dimana stok foto untuk digunakan.
Stok foto memiliki lisensi dengan beberapa cara yang berbeda. Yang paling populer digunakan adalah royalty dan hak atas pengelolaan foto.


Hak atas pengelolaan foto adalah penggunaan stok foto dengan lisensi yang spesifik, terbatas oleh waktu dan tujuan. Misalnya jika pengiklan membutuhkan stok foto untuk kampanye satu iklan tertentu, mereka bisa meminta lisensi foto untuk penggunaan iklan tertentu tersebut. Dan mereka terbatas untuk menggunakan foto hanya untuk kampanye tersebut. 


Jika mereka ingin menggunakan foto yang sama lagi, mereka harus membayar biaya lagi. Dan biaya kemungkinan berbeda, jika kampanye penggunaan dan ukurannya berbeda. Biaya berulang-ulang ini disebut royalti, dan dengan hak pengelolaan stok foto ini mereka dapat menjadi cukup besar dan kuat. Mulai dari ratusan hingga ribuan dolar untuk penggunaan yang terbatas pada satu foto saja, bayangkan jika itu banyak foto.


Ada kemungkinan Anda membayar biaya lisensi sekali saja untuk penggunaan stok foto, kemudian Anda gunakan beberapa kali yang disebut royalti. Hanya saja biasanya ada keterbatasan pada bentuk dari stok foto, namun pembatasan tersebut tidaklah sesempit seperti Rights Managed atau Hak atas Pengelolaan. Seorang desainer atau pengiklan dapat pula mempunyai lisensi atas satu foto misalnya, dan menggunakannya untuk ratusan kali kampanye iklan yang berbeda, tanpa menimbulkan biaya tambahan. Dengan kata lain, tidak ada lagi royalti yang harus dibayar.


Salah satu bentuk yang paling populer untuk bisnis berbasis web dan skala kecil fotografi, adalah royalti free stok foto mikro. Ini adalah variasi model pada royalti bebas, maka dikatakan mikro stok foto, karena desainer dan atau pengiklan hanya membayar satu atau dua kali per-lisensi gambar.
Jenis stok foto saat ini telah menjadi populer dengan pemilik situs web karena itu adalah sebuah cara yang sangat murah untuk mendapatkan sebuah kualitas foto untuk digunakan pada situs web mereka. 


Kualitas stok foto dengan lisensi sedikitnya sekitar $1 dalam sebuah web untuk ukuran yang lebih kecil. Dan harga akan naik sekitar $3 atau $5 untuk penggunaan dengan kualitas ukuran besar.


Namun perlu diingat bahwa walaupun foto tersebut bebas royalti, namun tidak secara otomatis ''public domain'' atau "free copyright", dan setiap situs stok fotografi mikro pasti  memiliki pembatasan penggunaan tertentu pada lisensi foto Anda.




tommysat@gmail.com | @thomazfoto | The Eye of Me





Posting Komentar

0 Komentar