Resolusi Bagi Fotografer Pemula di Tahun 2012

Tahun 2012 sudah datang, banyak dari kita menerima hadiah atau membeli sebuah kamera baru untuk membuat foto-foto indah. Sayangnya, kita juga harus tahu bahwa yang terpenting adalah orang di belakang kamera tersebut bukan kamera-nya. Anda (pemula) mungkin dapat mengikuti beberapa resolusi dalam perjalanan fotografi Anda di tahun Naga Air ini. Walau mungkin saja resolusi ini tidak tepat sekalipun, namun tidak ada salahnya untuk mencoba salah satunya saja. 
photo by Tommy Satria 


1. Membaca kembali buku manual kamera Anda
Bukan berarti Anda berhenti membaca artikel dalam blog saya ini. Hanya sekedar mengingatkan untuk kembali membaca buku manual yang ada di dalam kotak kamera Anda. Kecuali Anda tahu fungsi dasar dan khusus pada modus kreatif, Anda akan berjuang untuk mendapatkan gambar yang baik yang Anda lihat dalam buku dan majalah. Ini akan menjadi dasar  penting jika Anda ingin untuk melanjutkan ke resolusi berikutnya. Jadi, belajar fungsi dasar seluruhnya dari buku manual.


2. Cari tempat kursus dasar fotografi
Ini bisa apa saja. Anda bisa mendapatkan dari buku, kursus secara online atau kursus fotografi lokal. Apa pun itu pasti ada manfaatnya untuk meletakkan dasar-dasar fotografi pada Anda. Carilah ilmu hingga ke ujung dunia, begitu kata pepatah orang lama. Jadi jangan pernah berhenti untuk belajar. 


3. Rencanakan waktu memotret
Fotografi adalah sesuatu dimana Anda memutuskan untuk melakukan dan ketika Anda merasa seperti itu, ambil kamera Anda dan ambil beberapa gambar. Anda perlu sebuah rencana agar kegiatan fotografi Anda tidak terganggu. Ini penting ! Waktu yang didedikasikan untuk mengambil foto pada harian atau mingguan, dasar perencanaan menjadi sangat penting. 


4. Temukan gairah fotografi Anda
Apakah kegiatan ini yang Anda pilih ? Apakah fotografi adalah sekedar hobi atau minat besar Anda? cari tahu kembali hasrat Anda saat memutuskan untuk terjun ke dunia fotografi. 


5. Pikirkan kembali sebelum memotret
Tentukan dalam pikiran Anda tepat di awal perjalanan fotografi Anda sebelum memotret. Penyakit dalam kamera digital adalah selalu menembak tanpa pandang bulu dan rencana, tujuan dan pikiran. Jika Anda dapat berpikir sebelum memotret dan sangat tidak berharap bahwa dari seratus foto ada beberapa yang bagus, maka Anda berada di jalan yang benar untuk menjadi seorang fotografer besar. 



Ingat bahwa karena Anda memiliki kamera bagus itu tidak berarti Anda adalah seorang fotografer yang baik. Sebuah tekad dibutuhkan untuk melakukan hal ini ketika Anda memasuki tahun baru dengan kamera baru dan mulai perjalanan fotografi Anda yang baru. Selamat Memotret !!!!






[ @thomazfoto ] 

Posting Komentar

0 Komentar